ISO 20000

ISO 20000 / Sistem Manajemen Layanan / Service Management System (SMS)

Definisi ISO 20000

ISO 20000 menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen layanan atau service management system (SMS). Persyaratan yang di tentukan dalam standar ini termasuk perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan untuk memenuhi persyaratan layanan dan memberikan nilai, yang mana standar ini pertama kali di terbitkan pada tahun 2005 dan kemudian di perbarui pada tahun 2011, kemudian versi ketiga, revisi yang sepenuhnya dari standar (di sebut ISO / IEC 20000: 2018 Bagian 1) dirilis pada 15 September 2018 dan menggantikan edisi kedua (ISO / IEC 20000-1: 2011).

Fungsi ISO 20000

Di era digital seperti ini, sebagian besar proses operasional pada suatu organisasi atau perusahaan sudah sangat bergantung pada IT, mulai dari proses utama sampai pada proses pendukung sebagian besar sudah bergantung pada IT, kemudian hal ini membuat organisasi atau perusahaan harus memiliki pihak yang dapat mempengaruhi terhadap perangkat keras, lunak serta dukungan lainnya dari tim IT, untuk kelancaran serta keberhasilan dalam layanan pada proses untuk mencapai target perusahaan. ISO 20000 merupakan sistem manajemen layanan IT yang di akui secara internasional yang dapat membuat perusahan menunjukan keunggulan serta praktik terbaiknya dalam manajemen layanan IT, yang menetapkan persyaratan pada organisasi atau perusahaan untuk menerapkan kemudian menjaga serta terus meningkatkan service management system (SMS) dan layanannya.

Ruang Lingkup ISO 20000-1: 2018

ISO 20000-1: 2018 ini merupakan standar global yang secara khusus menargetkan Sistem Manajemen Layanan IT dengan serangkaian proses manajemen yang terintegrasi guna memberikan layanan yang efektif. Standar ISO 20000-1: 2018 berdasarkan pada kerangka kerja Perpustakaan Insfrastruktur Teknologi Informasi dan mencangkup persyaratan untuk sistem manajemen seperti :

  • merencanakan, menerapkan, proses pengiriman layanan, sampai pada proses pelepasan
  • membentuk konsistensi dalam pengelolaan layanan serta insfrastruktur IT baik untuk internal perusahaan maupun eksternal perusahaan

Klausul Terdapat 10 Klausul pada ISO 20000-1: 2018 yang perlu di perhatikan:

  • Ruang lingkup
  • Referensi normatif
  • Syarat & definisi
  • Konteks organisasi
  • Kepemimpinan
  • Perencanaan
  • Dukungan
  • Operasi
  • Evaluasi kerja
  • Peningkatan


Manfaat ISO 20000-1 : 2018

Standar ISO 20000-1 : 2018 dapat memberikan banyak manfaat berupa kemudahan bagi para penggunanya. Siapa saja yang mendapat manfaat dari standar ini dan apa saja fungsinya?  berikut penjelasannya,

  1. Organisasi atau perusahaan, dalam meningkatkan serta memaksimalkan mulai dari perencanaan, desain transisi, pengiriman sampai pada peningkatan pelayanan dalam penerapan dan kegiatan operasional sistem manajemen pelayanan IT yang efektif serta efisien.Organisasi atau perusahaan dalam menunjukan kelebihannya serta sebagai alat untuk memantau dan mengukur sistem manajemen layanan serta layanannya.
  2. Pelanggan, yang membutuhkan layanan dan menginginkan jaminan atas kualitas layanan. Tidak hanya itu standar ini berfungsi bagi pelanggan yang menginginkan pendekatan berkelanjutan terhadap semua penyedia layanan termasuk didalamnya rantai pasok layanan.
  3. Organisasi atau perusahaan, sebagai kriteria penilaian yang sesuai dengan service management system (SMS) dan sesuai dengan persyaratan dalam ISO 20000-1: 2018.
  4. Perusahaan atau pihak lainnya dalam melakukan penilaian sesuai dengan syarat yang berlaku dalam standar sistem manajemen layanan ini (ISO 20000-1: 2018)
  5. Organisasi atau perusahaan dalam menunjukan kelebihannya serta sebagai alat untuk memantau dan mengukur sistem manajemen layanan serta layanannya.
  6. Organisasi atau perusahaan, sebagai kriteria penilaian yang sesuai dengan service management system (SMS) dan sesuai dengan persyaratan dalam ISO 20000-1: 2018.

MAU IKUT TENDER?

BUTUH CEPAT ? TANPA PELATIHAN ??

Call us :

sertifikasi

CV AFITA CONSULTANT
GRIYA PERMATA BLOK B / 5 CIBUBUR – INDONESIA
TELP. 021 8225833 / 021 8202573
www.afitaconsultant.co.id