ISO 20000 / Sistem Manajemen Layanan / Service Management System (SMS)
Definisi ISO 20000
ISO 20000 menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen layanan atau service management system (SMS). Persyaratan yang di tentukan dalam standar ini termasuk perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan untuk memenuhi persyaratan layanan dan memberikan nilai, yang mana standar ini pertama kali di terbitkan pada tahun 2005 dan kemudian di perbarui pada tahun 2011, kemudian versi ketiga, revisi yang sepenuhnya dari standar (di sebut ISO / IEC 20000: 2018 Bagian 1) dirilis pada 15 September 2018 dan menggantikan edisi kedua (ISO / IEC 20000-1: 2011).
Fungsi ISO 20000
Di era digital seperti ini, sebagian besar proses operasional pada suatu organisasi atau perusahaan sudah sangat bergantung pada IT, mulai dari proses utama sampai pada proses pendukung sebagian besar sudah bergantung pada IT, kemudian hal ini membuat organisasi atau perusahaan harus memiliki pihak yang dapat mempengaruhi terhadap perangkat keras, lunak serta dukungan lainnya dari tim IT, untuk kelancaran serta keberhasilan dalam layanan pada proses untuk mencapai target perusahaan. ISO 20000 merupakan sistem manajemen layanan IT yang di akui secara internasional yang dapat membuat perusahan menunjukan keunggulan serta praktik terbaiknya dalam manajemen layanan IT, yang menetapkan persyaratan pada organisasi atau perusahaan untuk menerapkan kemudian menjaga serta terus meningkatkan service management system (SMS) dan layanannya.
Ruang Lingkup ISO 20000-1: 2018
ISO 20000-1: 2018 ini merupakan standar global yang secara khusus menargetkan Sistem Manajemen Layanan IT dengan serangkaian proses manajemen yang terintegrasi guna memberikan layanan yang efektif. Standar ISO 20000-1: 2018 berdasarkan pada kerangka kerja Perpustakaan Insfrastruktur Teknologi Informasi dan mencangkup persyaratan untuk sistem manajemen seperti :
- merencanakan, menerapkan dan memproses pengiriman layanan, maupun sampai pada proses pelepasan
- membentuk konsistensi dalam pengelolaan layanan, serta insfrastruktur IT baik untuk internal perusahaan maupun eksternal perusahaan
Klausul Terdapat 10 Klausul pada ISO 20000-1: 2018 yang perlu di perhatikan:
- Ruang lingkup
- Referensi normatif
- Syarat & definisi
- Konteks organisasi
- Kepemimpinan
- Perencanaan
- Dukungan
- Operasi
- Evaluasi kerja
- Peningkatan
Manfaat ISO 20000-1 : 2018
Standar ISO 20000-1 : 2018 dapat memberikan banyak manfaat berupa kemudahan bagi para penggunanya. Maka siapa saja yang mendapat manfaat dari standar ini dan apa saja fungsinya? berikut penjelasannya.
Organisasi atau perusahaan, dalam meningkatkan serta memaksimalkan mulai dari perencanaan, desain transisi, pengiriman sampai pada peningkatan pelayanan dalam penerapan dan kegiatan operasional sistem manajemen pelayanan IT yang efektif serta efisien.
Dari sisi pelanggan, yang membutuhkan layanan dan menginginkan jaminan atas kualitas layanan. Oleh karena itu, tidak hanya memberikan manfaat bagi organisasi atau perusahaan, tetapi bagi pelanggan yang menginginkan pendekatan berkelanjutan terhadap semua penyedia layanan termasuk didalamnya rantai pasok layanan.
Menyimpan dan memelihara informasi terdokumentasi sebagai bukti dari perbaikan berkelanjutan

Sampaikan kepada kami kebutuhan anda, sehingga kami bisa membantu perusahaan anda !
Detail informasi lebih lanjut, hubungi :

CV AFITA CONSULTANT
GRIYA PERMATA BLOK B / 5 CIBUBUR – INDONESIA
TELP. 021 8225833 / 021 8202573
www.afitaconsultant.co.id