ISO 17020

 Deskripsi ISO 17020

Keberadaan Lembaga Inspeksi sebagai pihak ketiga/independent di dalam sistem sertifikasi adalah bertindak sebagai penengah antara produsen dan konsumen dalam pemastian mutu pekerjaan, rancangan atau spesifikasi tertentu dari suatu objek yang diinspeksi.

Akreditasi SNI ISO 17020 adalah salah satu akreditasi yang diverifikasi oleh lembaga spesifikasi bernama KAN (Komite Akreditasi Nasional), yang mana akreditasi ini juga mengikuti standar internasional, sehingga perusahaan dapat bersaing dengan berbagai perusahaan lain di dunia dalam bidang yang sama

ISO 17020 adalah sistem manajemen mutu jasa inspeksi berstandar internasional, merupakan standar sistem mutu yang spesifik untuk organisasi yang bergerak dalam jasa inspeksi dengan lebih menekankan pada aspek Technical Competency.

Kompetensi yang diminta oleh standar ini, mencakup:

  • Metodologi inspeksi
  • Kompetensi Personel
  • Kualifikasi Peralatan
  • Pelaporan dan lain-lain

Adapun batang tubuh standar ini, yaitu:

  1. Ruang lingkup.
  2. Acuan normatif.
  3. Istilah dan definisi.
  4. Persyaratan umum.
  5. Persyaratan struktur.
  6. Persyaratan sumber daya.
  7. Persyaratan proses.
  8. Persyaratan sistem manajemen untuk lembaga inspeksi.

 

Tujuan ISO 17020

Tujuan dari standar ini yaitu antara lain sbb :
a. Meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kesesuaian teknis dari lembaga dalam sistem sertifikasi dan inspeksi;
b. Meningkatkan kemampuan lembaga inspeksi dalam menerapkan persyaratan standar ISO 17020:2012 dan peraturan nasional yang berlaku;
c. Memudahkan pengakuan antar negara melalui kerjasa inspeksi yang terakreditasi antar instansi terkait dalam komunikasi informasi, pengalaman dan harmonisasi antar standar dengan negara lain.

Pada perusahan yang bergerak di bidang jasa inspeksi teknis, sertifikasi ISO 17020 menjadi kebutuhan primer bagi perusahaan apalagi dalam rangka mengembangkan sistem manajemen mutu. 

Kebutuhan di sesi marketing, tuntutan customer, bahkan juga peraturan perudang-undangan, terutama bagi perusahaan inspeksi yang bergerak di industri minyak dan gas bumi maupunyang bekerja sama dengan perusahan yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi.

Sampaikan kepada kami kebutuhan anda, sehingga kami bisa membantu perusahaan anda !

MAU IKUT TENDER?

BUTUH SERTIFIKASI CEPAT ? TANPA PELATIHAN ??

Call us :

sertifikasi

CV AFITA CONSULTANT
GRIYA PERMATA BLOK B / 5 CIBUBUR – INDONESIA
TELP. 021 8225833 / 021 8202573
www.afitaconsultant.co.id